5 Alasan Mengapa Harus Investasi Emas

5 Alasan Mengapa Harus Investasi Emas. Emas Merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang. Begitu banyak orang yang rela mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mendapat jenis logam mulia yang mempunyai banyak ragam bentuk ini. Emas menjadi sesuatu yang menarik untuk dijadikan investasi alasannya yaitu harga komoditas emas dalam rupiah telah terbukti naik secara terus menerus. Komoditas ini mengikuti alur infalsi sehingga ketika alur inflasi sangat tinggi, ketika itulah harga emas melambung sangat tinggi. Demikian juga ketika inflasi menurun, harga emas juga menurun.
Jika dinyatakan dalam harga rupiah, harga emas di Indonesia mempunyai keunikan. Selama ini harga emas di Indonesia mempunyai kecenderungan selalu naik dan nilainya tidak terlalu signifikan jikalau turun. Hal itu terjadi alasannya yaitu ketika harga emas dalam harga dolar Amerika Serikat (AS) turun. Pada ketika yang sama, harga dolar AS terhadap rupiah cenderung menguat. Makara jikalau dikonversi dalam bentuk rupiah, terciptalah kestabilan harga emas di Indonesia.

Makara jikalau dilihat dari alasan diatas tentu investasi emas merupakan investasi yang sangat menjanjikan dan kondusif untuk laksanakan. Ada banyak jenis emas yang bisa Anda pilih ketika hendak menyimpan kekayaan dalam bentuk emas. Anda bisa menyimpan dalam bentuk emas murni, emas perhiasan, ataupun dalam bentuk koin, kemsemuanya itu tentu ada kelebihan dan kekurangan, tapi secara umum penyimpanan dalam bentuk murni tentu sangat lebih kondusif dibanding yang lainnya. Berikut Alasan Mengapa Anda Perlu Berinvestasi dalam Bentuk Emas.


5 Alasan Mengapa Harus Investasi Emas


1. Pilihlah Jenis Emas yang aman
Untuk menentukan jenis emas yang kondusif untuk di investasikan yaitu emas murni. Bagi Anda yang tidak terlalu faham terhadap jenis logam emas, cobalah beli emas yang mempunyai akta yang diakui mancanegara ibarat yang dikeluarkan oleh PT ANTAM. Memang harganya sedikit mahal, tapi itu sangat sesuai dengan jaminan keamanan emasnya itu sendiri. PT ANTAM mempunyai kwalitas keaslian emas yang tidak diragukan lagi. Hal ini akan menciptakan para pembeli emas merasa kondusif dan nyaman.

Tapi bagi para pengusaha emas yang faham akan kondisi emas, tentu melebur dan memurnikan emas sendiri jauh lebih menguntungkan. Tapi bagi Anda yang belum faham, jangan coba-coba! Bisa-bisa Anda kena tipu.

2. Menguntungkan
Nilai emas dan harganya sangatlah ditentukan oleh pasar internasional mengikuti inflasi secara global sebagaimana telah disebutkan diatas. Harga emas kalau dilihat dari tahun 2016 kemarin lebih cenderung stabil, bahkan meningkat hingga 27% sepanjang tahun 2016. Bagi Anda yang mempunyai emas ditahun kemarin maka tidak terjadi kerugian bahkan cenderung meningkat, sangat berbeda dengan investasi lain ibarat saham yang sangat fluktuatif. sepertimya investasi emas sangat sederhana, aman, dan menguntungkan.

Hal lain yang menciptakan investasi emas lebih menguntungkan daripada yang lain. Emas tidak dikenakan pajak oleh pemerintah tidak ibarat investasi tanah dan yang lainnnya. Sesuai dengan keputusan Dirjen Pajak No. 15/PJ/2011. Karena emas merupakan kategori materi baku yang tidak bergerak sehingga tidak dikenakan pajak.

3. High Liqudity (Mudah dicairkan)
Jika Anda mempunyai sejumlah logam mulia dalam bentuk emas, maka Anda tak perlu khawatir untuk mencairkannya jikalau Anda betul-betul terdesak dan membutuhkan sejumlah uang. Emas yaitu logam yang gampang dijual (High Liqudity) dengan harga yang sangat standar. Makara Anda tak perlu khawatir rugi dan melarat dalam berinvestasi emas jikalau secara tiba-tiba Anda memerlukan dana dan berencana menjual seluruh aset investasi yang Anda miliki.

4. Low risk (risiko rendah)
Dalam berinvestasi tentu selalu ada risiko, tetapi dalam berinvestasi emas resiko untuk mengalami kerugian yang signifikan sangatlah kecil sebagai mana telah diurai pada poin diatas. Berbeda dengan tabungan uang yang disimpan dibank. Walaupun sama sama gampang dicairkan, tetapi akan ada penyusutan yang begitu signifikan dibanding dengan simpanan awal, ibarat pengurangan biaya administrasi, pengurangan bunga, serta penyusutan biaya lain yang tidak didapat dalam investasi emas. Alhasil ternyata tabungan dalam bentuk emas lebih rendah akan risiko penurunan.

5. Tidak memerlukan dana besar
Dalam berinvestasi emas Anda tidak dituntut mempunyai dana yang besar. Berinvesti emas bisa dimulai dengan dana yang sangat kecil, mulai dari 1 gram hingga 10 gram. Tentu dana ini sangatlah terjangkau oleh siapapun juga. Anda sanggup berinvestasi sesuai dengan kemampuan dana yang Anda miliki dari 10 juta, 5 juta bahkan Anda sanggup berinvestasi hanya dengan 500 ribu saja. Tentu biaya ini sangat ringan sanggup di jangkau oleh semua kalangan.

Baca juga
Cara mengetahui emas orisinil dan palsu
Cara gampang membedakan platinum dengan perak


Dari poin-poin diatas maka selayaknya investasi emas lebih diunggulkan dan diuntungkan daripada investasi yang lain. Namun, investasi emaspun tidak selamanya kondusif dan mempunyai risiko layaknya investasi lain, Berikut beberapa risiko dalam berinvestasi emas.

Resiko Kehilangan
Emas merupakan benda padat yang mati, tentu harus disimpan ditempat yang berdasarkan Anda paling aman. Risiko kehilangan ibarat pencurian dan perampokan akan mengakibatkan semua aset investasi raib. Maka dari itu, simpanlah emas Anda ditempat yang paling kondusif ibarat dalam brankas, ataupun dibank.

Risiko Penipuan
Jika Anda berinvestasi emas cobalah berguru dan mengerti akan andungan emas. Jika Anda kurang pengetahuan akan kandungan emas bisa-bisa Anda tertipu mempunyai emas yang mempunyai kandungan jelek, campuran, bahkan emas palsu yang mempunyai akta palsu kuga.

Perawatan
Jika mempunyai mas murni tentu tak perlu khawatir akan adanya penyusutan harga alasannya yaitu perubahan warna. Tapi, jikalau Anda mempunyai emas berupa perhiasan, dianjurkan cobalah lebih apik dalam merawat emas yang dipakai. Penyusutan dan perubahan warna akan mengurangi nilai emas itu sendiri.

Investasi apapun tentu mempunyai kecenderungan untung dan rugi, tetapi investasi emas kecil kemungkinan hingga merugi. Hal yang sangat fundamental dalam berinvestasi emas yaitu investor mesti memahami pasar emas secara global. Cermat dalam membeli, juga berilmu ketika menjual. Inilah hal yang menjadikan Anda sukses dalam berinvestasi dalam  bentuk emas. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor