6 Cara Gampang Dan Sederhana Membedakan Berlian Orisinil Dengan Imitasi

Cara gampang dan sederhana membedakan berlian orisinil dengan imitasi. Batu berlian yaitu watu permata yang banyak dicari untuk dikoleksi sebab keindahan kilauan pesonanya yang tidak didapat dari embel-embel lainnya. Berlian yang dalam bahasa yunaninya adama yang artinya sangat keras. Ya watu ini (berlian) mempunyai tingkat kekerasan yang paling tinggi (hampir 10 dalam skala Mohs) yang merupakan watu terkeras dibanding dengan watu permata lainnya.

Berlian sebagai watu embel-embel yang paling diburu para kolektor selain selain sebab mamiliki kekerasan yang luar biasa juga mempunyai kilauan cahaya yang menarik dan luar biasa indahnya. Ada ragam variasi bentuk dan warna berlian ibarat warna merah, merah muda, kuning keemasan, biru kehijau-hijauan, hijau daun, biru laut, jingga, sampai berlian yang transparan yang kesemuanya itu mempunyai nilai selangit atau sangat mahal harganya.

Batu berlian merupkan watu embel-embel yang sangat berharga, siapapun yang melihatnya apalagi perempuan niscaya terpesona dan ingin memilikinya. Sebuah pribahasa menyampaikan bahwa berlian yaitu sobat perempuan yang menandakan kalau seorang perempuan menggunakan berlian sanggup menandakan rasa iman yang sangat tinggi dan sanggup memperlihatkan pesona kecantikan yang lebih dari biasanya. Nah bagi Anda yang berkehendak membeli berlian, atau menemukan watu yang ibarat berlian. Berikut panduan gampang untuk membedakan berlian orisinil dengan berlian palsu atau imitasi.

6 Cara gampang dan sederhana membedakan berlian orisinil dengan imitasi


Jika Anda mempunyai watu berlian atau watu yang ibarat berlian Anda sanggup menjalankan langkah-langkah atau trik sederhana sendiri dirumah, berikut cara caranya:

1. Tes kabut
Cara sederhana untuk mengetahui perbedaan berlian orisinil dengan palsu yaitu dengan cara meniup atau menghembuskan nafas (dengan cara HAHH) pada watu berlian tersebut. Trik ini cukup gampang dan sanggup dilakukan oleh siapa saja. Ketika terlihat embun yang melekat pada betu tersebut tidak hilang, maka sanggup dipastikan watu tersebut yaitu berlian palsu atau imitasi (sintetis). Berlian orisinil mempunyai tingkat panas yang tinggi, sehingga kalau ada embun melekat maka dalam sekejap akan menghilang.

2. Tes panas
Karena berlian terbuat dari molekul larva panas selama jutaan tahun didalam tanah maka berlian memilki tingkat panas yang cukup cepat. Cobalah Anda ambil berlian dan masukan pada sebuah sendok, kemudian panaskan sendok tersebut. Berlian orisinil akan cepat panas dalam sekejap, dan kalau panasnya mempunyai derajat yang tinggi, berlian orisinil tidak akan terpengaruh tetap berpengaruh dan bercahaya. Namun, sebaliknya watu berlian palsu dan sintetis akan usang panasnya kemudian kalau panasnya berlebih watu berlian palsu akan rusak dan meredup kilauan sinarnya.

3. Tes berat
Batu berlian walaupun mempunyai tingkat kekerasan yang sangat kuat, namun watu berlian orisinil tidak mempunyai bobot yang berat. Cobalah Anda bandingkan dua buah watu berlian orisinil dan palsu yang mempunyai ukuran sama. Batu berlian orisinil mempunyai bobot berat yang cukup ringan hampir 50% lebih ringan dengan watu berlian palsu.

Hal yang gampang ialah dengan memasukannya pada bejana berisi air. Batu berlian walaupun ringan tetapi mempunyai kepadatan yang berpengaruh sehingga tidak sanggup mengambang. Tetapi kalau mengambang kemungkinan besar berlian palsu.

4. Tes nuansa warna dan sinar
Pada watu berlian orisinil Anda sanggup menemukan warna yang jernih dan kalau diterawang terdapat nuansa putih keabuan. Namun kalau Anda menemukan nuansa warna pelangi pada watu berlian tersebut maka kemungkinan besar watu tersebut berlian sintetis atau mungkin watu berlian tersebut mempunyai kualitas yang rendah.

5. Tes dengan beling pembesar
Menggunakan Kaca pembesar atau lup dipakai bukan hanya mengetahui keaslian berlian saja, namun sanggup juga menyidik karat, kejernihan, bahkan sanggup mengetahui jenis dan dari mana watu tersebut. Hal ini tentu dilakukan oleh orang yang sudah faham sekali mengenai hal ihwal batu. Namun, secara sederhana mengecek keaslian watu berlian dengan beling pembesar untuk melihat inklusi atau keganjilan yang alami.

Pada watu berlian biasanya ditemukan kepingan kecil yang halus pada kulit. Namun, kalau mulus tanpa cacat kemungkinan besar yaitu berlian palsu atau imitasi. Namun keganjilan dilihat dengan lup bukan kriteria yang dijadikan patokan. Agar lebih niscaya dan terang Anda sanggup gunakan mikroskop.

6. Sertifikat
Hal yang paling dasar untuk iman Anda terhadap sebuah barang yaitu akta orisinil untuk berlian tersebut. Sertifikat ternama ibarat GIA (Amerika) mempunyai reputasi yang baik dan sangat terpercaya sehingga memperlihatkan iman pada keaslian berlian tersebut. Bagi orang yang sudah faham mengenai berlian tentu akta yaitu nomor selanjutnya. Namun, bagi kita yang tidak memahami ihwal watu berlian, paling baik yaitu dengan menanyakan akta keaslian watu berlian tersebut. Cara ini paling mudah, cepat, aman, serta terpercaya.

Baca juga
Cara membedakan emas orisinil dan emas palsu
Cara membedakan platinum dengan perak

Membedakan berlian orisinil dengan palsu atau imitasi memang susah-susah mudah, tapi setidaknya 6 trik sederhana diatas sanggup membantu Anda yang ingin membeli atau investasi pada watu mulia. Jangan terburu-buru dalam membeli watu berlian apalagi murah walaupun Anda sangat menginginkannya sebab terlanjur suka pada watu berlian tersebut.

Jika sudah melaksanakan 6 trik diatas dalam mengetes berlian orisinil dan palsu sudah dilakukan, tetapi Anda masih tetap saja ragu. Langkah yang paling logis yaitu menanyakan pada toko berlian yang sudah dipercaya, atau kenalan terpercaya yang mengerti dan faham tetang banyak sekali jenis watu mulia. Semoga goresan pena ini bermanfaat. Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor