Cara Gampang Membedakan Platinum Dan Perak

Cara Praktis Membedakan Platinum dan Perak. Sebagaimana diketahui platinum dan perak merupakan logam yang paling umum digunakan sebagai perhiasan. Cara membedakan platinum dan perak secara kasat mata telanjang sangatlah sulit, Kedua tambahan ini mempunyai warna yang sama yakni putih keabuan. Bagi orang yang awam untuk membedakan tambahan platinum dan perak tidaklah mudah, sehingga banyak orang tertipu yang menyangka perak sebagai platinum.

Sebagaimana diketahui platinum mempunyai harga yang sangat mahal. Logam yang bertitel mas putih ini jauh diatas harga perak, bahkan lebih mahal dari mas kuning. Maka dengan itu bila kau tertarik untuk mempunyai logam putih dari platinum, janganlah hingga tertukar dengan warna putih dari perak. Berikut perbedaan yang sangat mencolok antara logam platinum dengan logam perak. Baca juga Cara mengetahui emas orisinil atau palsu


Cara Praktis Membedakan Platinum dan Perak


Bedakan labelnya

Lihat tambahan yang dicetak oleh pabrik logam, niscaya mempunyai label atau brand pembuatnya. Cobalah lihat pada label tambahan putih yang akan Anda beli, biasanya pada kalung dan gelang dicetak pada ujung kalung dan kokotnya, bila pada cincin terletak pada bulat didalamnya. Jika tertera cetakan label "PT ata Plat" maka, sanggup dipastikan itu yaitu platinum. Namun, bila tertera label "S925" maka sanggup dipastikan bahwa logam itu yaitu logam perak.

Bedakan beratnya

Paltinum mempunyai bobot hampir dua kali lipat dari perak, bahkan lebih berat dari mas. Ukurannya kecil namun, mempunyai bobot yang berat. Bagi orang yang sudah faham  tentang logam sanggup dengan gampang membedakan platinum dan perak hanya dengan memegang dengan cara menimbang dengan tangan. Bagi yang awam Untuk membedakan paltinum dan perak, Anda sanggup menimbang bobot atau beratnya logam putih tersebut. Jika bobotnya ringan dan bentuknya besar maka dipastikan logam tersebut yaitu perak.

Bedakan penampilannya

Sebenarnya untuk membedakan platinum dan perak secara kasat mata telanjang sangatlah mudah. Platinum mempunyai tekstur yang berpengaruh dan keras tanpa ada goresan. Warnanya sangat putih keabuan yang berkilau dan tidak berubah warnanya walau sudah digunakan lama. Adapun perak mempunyai tekstur yang lebih lembut dengan gradiasi warna putih mencolok dan gampang rusak atau tergores. Jika digunakan warnanya akan cepat menjelma putih keabuab bahkan bila teroksidasi warna perak akan menjelma putih kehitaman. Tentu perubahan warna ini akan sangat tidak manis bila digunakan sebagi perhiasan.


Bedakan dengan cairan kimia

Platinum mempunya kekuatan terhadap cairan kimia yang keras dan bersifat korosif. Teksturnya tetap stabil, tidak pudar, dan habis dimakan cairan kimia. Berbeda dengan perak yang lebih cepat pudar bila tertimpa cairan kimia. Cobalah goreskan kedua logam tersebut pada kerikil pengetes logam, kemudian teteskan pada bekas gesekan tersebut air raksa. Maka, perak akan cepat pudar dan memuai, sedangkan platinum tetap stabil dan tidak berubah.

Bedakan dengan metode pembakaran

Jika dengan cara diatas tetap saja masih sulit membedakan platinum dan perak, maka cobalah dengan metode pembakan. Platinum mempunyai tingkat kekerasan yang berpengaruh sehingga tetap tidak berubah bentuk dan warnanya bila dibakar hingga mencapai 1770 derajat celcius. Adapun perak bila dibakar akan berubah bentuk dan warnanya, bahkan bila lebih dari 1770 derajat celcius akan cepat memuai dan mencair. Cara ini tentu alternatif terakhir, alasannya yaitu akan merusak tambahan yang akan Anda pakai.

Demikianlah cara gampang untuk membedakan antara platinum dan perak bila Anda menginginkan logam mulia tersebut dijadikan sebagai perhiasan. Cobalah memakai metode diatas maka Anda tidak akan tertipu alasannya yaitu sangatlah gampang membedakan antara platinum dan perak. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor