Cara Mengetahui Emas Orisinil Atau Palsu

Cara mengetahui emas orisinil atau palsu. Kita sebagai orang yang awam dengan banyak sekali jenis logam tentu sangat kesulitan dikala harus membedakan emas orisinil atau palsu, berbeda dengan seseorang yang berkecimpung dengan dunia logam, tentu sangatlah gampang untuk memilih emas orisinil atau bukan. Terlebih jikalau kita memang sangat membutuhkan gosip ini. Terkadang kebutuhan kita akan logam mulia ini sangat besar, tetapi pengetahuan wacana jenis logam emas pada khususnya sangatlah kurang.

Terkadang kita sangat membutuhkan wacana gosip mengenai keaslian emas orisinil atau bukan dikala kita dihadapkan pada sebuah masalah, misalnya ada orang yang menggadai emas, penawaran mas murah, ataupun kasus yang paling sering yakni dikala menemukan logam yang mirip emas. tetapi kita tidak mengetahui secara detil mengenai keaslian emas ataupun logam yang mirip dengan emas, mirip tembaga atau kuningan.

Bagi orang yang sudah mahir terhadap logam, dan memiliki pengalaman luas dan insting tajam, membedakan emas orisinil dan palsu bisa ditentukan dengan hanya memegangnya saja, mirip di toko ataupun dipegadaian, itupun biasanya memiliki jam terbang panjang serta lama. Namun bagi kita untuk membedakan emas orisinil atau bukan harus melaluli tahap-tahap yang tidak mengecewakan pelik. Nah bagi Anda yang menginginkan trik membedakan logam emas orisinil atau palsu, berikut panduannya semoga Anda tidak salah atau menjauhi penipuan terhadap jenis logam ini. Baca juga Cara gampang mengetahui platinum dan perak

Cara mengetahui emas orisinil atau palsu



Lihat labelnya


Untuk produksi emas yang saya ketahui, biasanya ada label atau isyarat mas pada bab tertentu. Lihatlah bab isyarat emas tersebut.! Biasanya jikalau pada kalung atau gelang tertera pada bab sambungan atau SS-nya dan bab ujung kalung atau atau gelang. Jika emas biasanya tertera isyarat pabrik C300, C700, atau nilai karat mirip K 21, K 18 dan yang lainnya. Jika terlihat isyarat mirip itu maka kemungkinan besar itu yakni isyarat produksi emas, dan kemungkinan besar itu emas asli. Tapi itu bukan jaminan. alasannya banyak mas palsu memalsukan isyarat dan label mas asli. Jika Anda tidak menemukan isyarat emas pada tempat tersebut, maka Anda mesti menguji kembali dengan cara yang kedua.

Gosokan emasnya
Cara sederhana untuk mengetahui keaslian emas yakni dengan cara menggosokan emas tersebut. Maksud dan tujuan menggosokan emas tersebut ialah untuk mengetahui perubahan warnanya. Jika emas palsu dan emas semprotan maka akan terlihat perubahannya secara nyata. Emas palsu secara fisik terlihat berubah warnanya menjadi putih atau kusam menandakan logam tersebut telah di sipuh atau disemprot cairan yang mirip emas. Tetapi jikalau emas orisinil tidak akan berubah warnanya sedikitpun. Tetapi Anda mesti hati-hati dalam mengaplikasikan gosokan p[ada logam tersebut. Pilihlah tempat yang gampang digosokan dan sedikit tersembunyi semoga tidak merusak barang berharga Anda. Saran saya pilihlah ujung emas atau sambungannya semoga tidak merusak fisik logam yang Anda sayangi.



Gigit emasnya


Saya agak sedikit ketawa dikala seseorang menyarankan menggigit emas untuk menguji keaslian emas. Kalau sudah digigit trus apa..? ditelan!! Haha.. Tapi sehabis memahami maksud menggigit emas tersebut, ternyata untuk memastikan kedalaman dan kepadatan emasnya. Memang dengan cara menggigit sedikit membantu memastikan keaslian emas. Jika logam yang Anda gigit sangat berpengaruh tak berubah sedikitpun, maka kemungkinan besar logam tersebut bukan orisinil atau terlalu banyak campurannya. Tapi jikalau logam yang Anda gigit menjadi berlekuk bahkan tergores dan terlihat warna kuning didalamnya, maka kemungkinan besar logam tersebut emas asli. Tapi itu hanya terjadi jikalau emas tersebut diatas 18 karat. Menurut saya cara menggigit emas jikalau hal ini benar-benar dibutuhkan.

Gunakan magnet
Cara mengetahui keaslian emas dengan memakai magnet caranya paling mudah, cukup tempelkan logam tersebut kepada magnet maka jikalau melekat maka dipastikan logam tersebut bukan emas atau lapisan logam yang dilapisi warna kuning mirip emas. Seperti diketahui emas yakni logam yang bukan magnetik yang tak bisa ditarik oleh magnet. Tapi hal ini bukan jaminan akurat untuk memilih keaslian emas. Anda dituntut untuk menguji logam tersebut dengan cara yang paling bagus.

Pengujian kimia


Cara yang paling akurat dalam mengetahui keaslian emas yakni dengan cara kimia. Cara ini sangat cepat dalam mengetahui keaslian emas, yakni cukup dengan menggoreskan emas tersebut pada watu uji emas. Batu ini sangat garang dan bisa menyerap logam. Logam yang tergores kemudian ditetesin 2 tetes cairan kimia. Tetesan pertama cairan berwarna kuning yakni larutan asam H2SO4, cairan ke 2 larutan bening mirip air keras. Jika logam itu bukan emas, maka gesekan tersebut akan hilang dan lenyap sehabis ditetesin cairannya. Tapi jikalau logam tersebut emas, maka maka akan tetap terlihat kuning. Dengan tetesan kimia disamping sanggup mengetahui keaslian emas, sanggup diketahui juga kadar kemurnian emasnya. Tapi hal ini tentu dilakukan oleh orang yang sudah hebat dalam menguji emas.

Tanyakan pada toko emas
Cara pamungkas yang paling shahih dan gampang yakni dengan menanyakan pada petugas atau pelayan toko emas. Cara ini ga perlu ribet dan dipastikan shahih kebenarannya.

Demikian cara gampang mengetahui emas orisinil atau palsu. Anda dituntut untuk melakukannya jikalau ingin berinvestasi dengan memakai logam mulia ini semoga Anda tidak tertipu dan selamat dikemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih. Salam sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor