Jenis Perjuangan Dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam. Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melaksanakan banyak sekali usaha. Berbagai kegiatan dan jenis perjuangan yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis perjuangan di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.

Kita mengenal banyak sekali bentuk kegiatan insan dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis perjuangan bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (hewan dan tumbuhan) disebut perjuangan agraris. Jenis perjuangan yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.


Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam


Umumnya, perjuangan persawahan dan perkebunan dilakukan di tempat perdesaan alasannya ialah tanahnya masih luas. Namun, kini kita sanggup melaksanakan perjuangan penanaman pada lahan sempit, contohnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal). Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra sanggup menghasilkan serat materi baku kain sutra.

Kegiatan pertanian lainnya ialah perikanan. Usaha di bidang perikanan sanggup dilakukan di tempat pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada juga perjuangan perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan

Ada pula jenis perjuangan lain yang memanfaatkan secara pribadi sumber daya alam. Jenis perjuangan ini disebut bidang perjuangan ekstraktif. Dalam bidang perjuangan ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang perjuangan ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.


Ayo Mengamati
Amatilah kegiatan penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan teladan berikut.

No Jenis Usaha SDA yang digunakan Hasil Usaha Manfaat
1 Kebun sayur Tanah pekarangan Bayam, tomat, kacang panjang Bahan pangan dan untuk dijual
2 beternak hewan hewan daging dan susu Bahan pangan dan untuk dijual
3 tambak ikan hewan ikan Bahan pangan dan untuk dijual
4 petani sawah lahan sawah gabah dan beras Bahan pokok dan untuk dijual
5 menebang hutan hutan Kayu bahan bangunan


Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam
Ternyata banyak sekali keragaman sosial di lingkunganku dari jenis-jenis perjuangan masyarakatnya. Ada yang menanam sayur di tanah pekarangan yang kesudahannya untuk dimakan dan juga sanggup di jual. Di sekitar lingkunganku juga ada yang memelihara binatang ternak untuk diambil daging dan susunya. Ada juga warga yang menciptakan tambak udang yang kesudahannya sanggup dikonsumsi atau juga sanggup dijual. Ada juga yang menanam padi di sawah. Mereka menghasilkan beras yang jadi masakan pokok masyarakat sekitar. Selain itu ada juga yang menebang hutan untuk diambil kayunya sebagai materi bangunan. Keragaman sosial di lingkunganku semakin menciptakan masyarakt semakin menghargai perbedaan yang ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor