Pola Lantai Gerak Tari

Pola Lantai Gerak Tari. Pada ketika menari, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk lingkaran. Jika digambarkan, seperti ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis imajiner juga sanggup digambarkan dengan melihat deretan para penari dalam memperagakan tarian. Para penari sanggup membentuk deretan garis lurus, lengkung, segitiga, atau lingkaran. Bentuk deretan garis sanggup berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian. Garis imajiner yang dilalui oleh penari ketika melaksanakan gerak tari disebut contoh lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibentuk oleh deretan penari kelompok.

Secara umum, contoh lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk contoh garis lurus sanggup dikembangkan menjadi banyak sekali contoh lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Penari dengan membentuk contoh lantai lurus pada tari Lengger di kawasan Banyumas Jawa Tengah, Tari Piring dari Sumbar,  dan Tari Saman dari NAD.

Bentuk contoh garis lengkung sanggup dikembangkan menjadi banyak sekali contoh lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Tari Kecak dari Bali merupakan salah satu jenis tari ritual dengan memakai contoh lantai garis melengkung> Contoh lainnya yakni Tari Pendet dari Bali dan Tari Sekapur Sirih dari Bengkulu. Perhatikan gambargambar berikut.

Pola Lantai Gerak Tari


olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian Pola Lantai Gerak Tari



Tugas
Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” pada halaman 61-63, kerjakan kiprah berikut.
1. Tuliskan kembali pengertian contoh lantai memakai bahasamu sendiri. Usahakan biar orang lain memahami dengan gampang ketika membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.
Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibentuk oleh deretan penari kelompok.

2. Gambarlah contoh lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.


olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian Pola Lantai Gerak Tari

Ayo Berlatih
  1. Lihatlah sebuah video tari kreasi daerah.
  2. Perhatikan gerakan dan contoh lantai penari dalam menyajikan tarian.
  3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melaksanakan gerakangerakan tari tersebut sampai sanggup meragakan dengan benar.
  4. Buatlah contoh lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari.


Gerak tari kawasan satu dengan kawasan lain mempunyai aksara berbeda-beda. Tari Bali berkarakter lincah dengan rangkaian gerak patah-patah. Sebaliknya, tarian kawasan Solo dan Yogyakarta cenderung berkarakter lembut dalam rangkaian gerak yang mengalir menyerupai pemikiran air yang tenang.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor