Siklus Air Dan Tragedi Kekeringan

Siklus Air dan Bencana Kekeringan. Peristiwa siklus air merupakan insiden sehari-hari yang sering tidak disadari oleh manusia. Siklus air menghasilkan air higienis yang mempunyai kegunaan untuk kehidupan manusia. Manusia memerlukan air higienis antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan juga pertanian.

Siklus air menghasilkan air bersih. Pada dikala proses penguapan, kotoran pada air tidak ikut menguap. Uap air yang menguap yakni uap air yang bersih. Pada dikala turun hujan, air yang dihasilkan pun yakni air higienis dan siap dipakai untuk aneka macam keperluan.

 Peristiwa siklus air merupakan insiden sehari Siklus Air dan Bencana Kekeringan

Siklus Air dan Bencana Kekeringan


Air hujan yang jatuh, sebagian akan diserap oleh tanah, kemudian menjadi air tanah. Air tanah yakni air yang mengalir di bawah permukaan tanah. Air ini biasanya lebih jernih dan bersih, alasannya sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Untuk mendapat air tanah, insan menciptakan sumur dengan cara menggali lubang.

Air hujan yang tidak terserap oleh tanah, akan terus mengalir menjadi air permukaan. Lalu, air itu menuju kawasan yang lebih rendah menyerupai sungai, danau, dan laut. Air permukaan yakni air hujan yang tak sanggup diserap oleh tanah tetapi diserap oleh permukaan tanah, sehingga mengalir di atas permukaan tanah dan kemudian menguap kembali. Air ini biasanya lebih kotor, alasannya mengandung lumpur. Air ini juga biasanya membawa aneka macam macam material dari proses erosi.

Pada animo kemarau, air hujan yang turun menjadi berkurang. Air hujan yang turun biasanya eksklusif diserap oleh tanah menjadi air tanah. Jika air sungai dan danau surut akan menjadikan berkurangnya penguapan air sebagai pembentuk titik-titik air di awan. Akibat dari semakin sedikitnya awan yakni semakin berkurangnya curah hujan. Oleh alasannya itu, sumur-sumur penduduk pun menjadi kering. Di dikala inilah biasanya terjadi kelangkaan air bersih. Jika kelangkaan air higienis terjadi dalam waktu yang panjang, tragedi kekeringan akan terjadi. Mari kita biasakan menghemat penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari.
(Sumber: Scott Foresman. 2010. Science. Illinois)

Ayo Berdiskusi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

Peristiwa-peristiwa apa yang terjadi pada teks?
Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada teks yaitu: siklus air, penguapan air, hujan, air mengalir, dan terjadinya air tanah.

Bagaimana proses siklus air menghasilkan air yang bersih? Jelaskan!
Pada proses siklus air, ada tahap penguapan air dari permukaan bumi, yaitu dari laut, sungai, danau, dan genangan-genangan air lainnya. Pada dikala penguapan air, kotoran pada air akan tertinggal. Uap air yang naik dan membentuk awan merupakan uap air yang bersih. Saat awan menjadi mendung kemudian turun menjadi hujan, air yang turun merupakan air bersih.

Apa yang dimaksud dengan air tanah?
Air tanah yakni air yang terserap masuk ke dalam lapisan tanah dan mengalir di bawah permukaan tanah. Air tanah lebih jernih dan higienis alasannya sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Manusia biasa memanfaatkan air tanah dengan menciptakan sumur.

Bagaimana perbedaan air tanah dengan air permukaan?
Air tanah lebih jernih dan higienis daripada air permukaan alasannya sudah tersaring oleh lapisan tanah dan akar tumbuhan. Oleh alasannya itu insan biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan sehari-hari dengan menciptakan sumur.

Mengapa air permukaan biasanya lebih kotor dibandingkan dengan air tanah? Jelaskan!
Air permukaan merupakan air hujan yang tidak terserap oleh tanah. Air permukaan lebih kotor alasannya mengandung lumpur dan benda-benda lain yang terbawa aliran air di permukaan tanah.

Apa akhir dari animo kemarau yang panjang?
Saat animo kemarau panjang, air permukaan dan air tanah menyusut. Kekurangan air akan menjadikan tragedi kekeringan.


Ayo Berkreasi
Berdasarkan bacaan “Siklus Air dan Bencana Kekeringan”, buatlah poster wacana efek siklus air bagi kehidupan. Buatlah semenarik mungkin. Pada Pembelajaran 5 nanti kau akan mempresentasikan poster yang kau buat.


 Peristiwa siklus air merupakan insiden sehari Siklus Air dan Bencana Kekeringan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor