Peran Ahmad Soebarjo Pada Insiden Proklamasi

Peran Ahmad Soebarjo Pada Peristiwa Proklamasi. Peristiwa sebelum, saat, dan setelah Proklamasi juga melahirkan tokoh-tokoh yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Dengan jiwa rela berkorban dan pantang mengalah serta gagah berani, mereka bangkit di barisan terdepan untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara. Selain tokoh Dwitunggal, yakni Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta, juga kita kenal Amhad Soebarjo. Dia juga sangat berjasa dalam perumusan dan penyusunan naskah Proklamasi.


Ahmad Soebarjo Perumus Naskah Proklamasi

Peran Ahmad Soebarjo Pada Peristiwa Proklamasi Peran Ahmad Soebarjo Pada Peristiwa Proklamasi
Ahmad Soebarjo
Ahmad Soebarjo lahir di Karawang, Jawa Barat pada tanggal 23 Maret 1897. Beliau dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan bersahaja. Peran yang menonjol ialah ketika ia ikut menjadi Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta yang menjadi cikal bakal Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Beliau juga menjadi penengah antara golongan muda dan golongan bau tanah ketika terjadi perbedaan pendapat. Perbedaan itu muncul ketika akan memilih waktu pembacaan Proklamasi.

Ahmad Soebarjo juga dikenal sebagai tokoh perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau diperintahkan oleh Ir. Soekarno untuk mengutip kata-kata dari Piagam Jakarta terutama bab pembukaannya, yaitu “Atas berkat rahmat Allah maka rakyat Indonesia menyatakannya kemerdekaannya”. Kalimat tersebut diminta untuk dijadikan kalimat pembuka naskah Proklamasi. Pada akhirnya, disepakati kalimat pertama pada teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ialah “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Kalimat ini berasal dari kutipan alinea ketiga Piagam Jakarta.


Ulasan Teks

Judul Teks :
Ahmad Soebarjo

Informasi penting :
Lahir tanggal 23 Maret 1897 di Karawang, Jawa Barat.
Panitia Sembilan yang merumuskan Piagam Jakarta.
perumus naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pendapat aku perihal teks ini :
Teks ini sangat anggun alasannya menceritakan perihal Prof mr Ahmad Soebarjo sebagai orang penting ketika insiden Proklamasi Kemerdekaan Indonsia.

Saya menyarankan teks ini alasannya :
Berisi Informasi mengenai tugas Ahmad soebarjo.

Jelaskan tugas dan usaha penting Ahmad Soebarjo?
Perusmus Piagam Jakarta
Penengah antara kaum muda dan kaum tua

Kemukakan tugas dan usaha Ahmad Soebarjo!
Achmad Soebardjo ialah tokoh usaha Indonesia, diplomat dan satria Nasional Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor