Percobaan Pengamatan Insiden Pengkristalan

Percobaan Pengamatan Peristiwa Pengkristalan. Banyak acara konkret yang sanggup dilakukan oleh pelajar di sekolah. Dengan mempelajari fenomena alam di sekitar kita, kau sanggup memahami apa yang sedang terjadi di sekitarmu. Sebelumnya, kau telah melaksanakan percobaan ihwal penyubliman sebagai salah satu perubahan wujud benda lantaran kalor. Sekarang, kau akan melaksanakan percobaan untuk mengatakan perubahan wujud benda yang juga disebabkan oleh kalor, yaitu insiden pengkristalan. insiden pengkristalan dengan proses pelepasan kalor yakni salju dan gas yang didinginkan.

Pengkristalan ialah perubahan wujud benda dari gas menjadi padat dengan proses pelepasan maupun perembesan kalor. Contoh insiden pengkristalan dengan proses pelepasan kalor yakni salju dan gas yang didinginkan. Contoh lainnya yakni lubang knalpot menjadi hitam dan mengering lantaran gas karbondioksida yang dikeluarkan menjadi padat.

Percobaan Pengamatan Peristiwa Pengkristalan

Percobaan Pengamatan Peristiwa Pengkristalan Percobaan Pengamatan Peristiwa Pengkristalan

Contoh insiden pengkristalan dengan perembesan kalor yakni pada proses pembuatan garam. Garam dibentuk dari air laut, kemudian diuapkan dengan sinar matahari di dalam petak-petak sampai tersisa kristal-kristal garam. Peristiwa mengkristal merupakan kebalikan dari menyublim. Untuk lebih memahami ihwal insiden pengkristalan sanggup dilakukan dengan percobaan di bawah ini.

PERCOBAAN
A. Tujuan
Mengamati perubahan wujud benda

B. Alat dan Bahan
  • 4 buah kerikil bata untuk menciptakan tungku
  • 1 buah lilin
  • 1 buah kaleng susu bekas
  • Air bahari atau larutan garam

C. Cara Kerja
  • Buatlah tungku dengan meletakkan dua tingkat kerikil bata secara sejajar, berikan ruang di tengah untuk lilin yang telah dinyalakan.
  • Isi kaleng susu dengan air bahari sampai setengah bagian.
  • Jika tidak ada air laut, larutkan satu sendok makan garam dapur dengan setengah kaleng air suhu ruang.
  • Letakkan kaleng susu bekas berisi air bahari atau larutan garam ke atas tungku.
  • Diamkan sampai air di dalam kaleng mendidih dan menyusut. Amati apa yang terjadi.

Kesimpulan
Proses pembuatan garam dari air bahari dengan cara diuapkan melalui lilin yang dipanaskan sebagai pengganti sinar matahari. Ketika air menguap dan tersisa kristal-kristal garam maka itulah yang disebut dengan pengkristalan atau perubahan wujud gas menjadi benda padat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor