Peristiwa Ratifikasi Kedaulatan Republik Indonesia Oleh Belanda

Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda. Setelah melalui aneka macam kejadian perlawanan baik fisik maupun diplomasi, tibalah waktunya ratifikasi kedaulatan Indonesia. Apa saja kejadian yang mengiringinya? Ayo kita ccari tahu bersama.

Masih ingatkan kau salah satu perjanjian Roem Royen? Ya salah satu isinya ialah akan segera diselenggarakan Konferensi Meja Bundar (KMB). Bagaimana hasil dari KMB? Bacalah baccaan berikut dengan seksama!

Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda

Tindak lanjut Perjanjian Roem Royen ialah diselenggarakannya Konferensi Meja Bundar atau yang disingkat dengan KMB. KMB dilaksanakan di Deen Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Belanda dipimpin olah Van Maarseven. Delegasi BFO atau Badan Musyawarah Negara-Negara Federal dipimpin oleh Sultan Hamid II.


Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda

Adapun hasil KMB sebagai berikut.
  • Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada selesai bulan Desember 1949.
  • Penyelesaian duduk perkara Irian Barat ditunda setahun kemudian sehabis penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.
  • Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni yang dipimpin oleh Ratu Belanda menurut kolaborasi sukarela dan sederajat.
  • Republik Indonesia Serikat harus membayar utang kepada Belanda semenjak tahun 1942.
  • Pembubaran KNIL dan memasukkan anggota KNIL ke APRIS.
  • Kapal-kapal perang Belanda ditarik kembali dari Indonesia.
  • Konstitusi Republik Indonesia Serikat dipermaklumkan kepada Kerajaan Belanda.

Selain itu, hasil KMB juga mengembalikan wilayah-wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan, kecuali Irian Barat.Berikut wilayah Negara RIS.

Sesuai hasil kesepakatan dalam KMB, pada tanggal 27 Desember 1949, diadakan upacara ratifikasi kedaulatan dari Pemerintah Belanda kepada Republik Indonesia Serikat. Namun sebelumnya, pada tanggal 17 Desember 1949, diadakan peresmian Presiden Republik Indonesia Serikat, yaitu Ir. Soekarno. Pada tanggal 20 Desember 1949, Drs. Moh. Hatta dilantik sebagai Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat.

Pengakuan kedaulatan Indonesia dilaksanakan di Belanda dan di Indonesia. Wakil Indonesia yang menandatangani ratifikasi kedaulatan di negeri Belanda ialah Drs. Muh. Hatta dan wakil dari Belanda ialah Ratu Yuliana. Adapun proses penandatanganan di Indonesia, pihak Belanda diwakili oleh Lovink dan wakil Indonesia ialah Sultan Hamengkubuwono IX.

Dengan adanya ratifikasi kedaulatan tersebut, berakhirlah penjajahan dan kekuasaan Belanda atas Indonesia. Peristiwa tersebut juga menandai berdirinya negara Republik Indonesia Serikat (RIS).

Kapan kejadian KMB terjadi?
Tanggal 23 Agustus-2 November 1949

Di manakah kejadian KMB diadakan?
Di Den Haag, Belanda

Siapakah tokoh-tokoh yang terlibat dalam KMB?
Delegasi Belanda dipimpin oleh Van Maarseven. Delegasi BFO atau tubuh musyawarah negara-negara federal dipimpin oleh Sultan Hamid II.

Apa hasil KMB?
1. Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada selesai Desember 1949.
2. Penyelesaian duduk perkara Irian Barat ditunda setahun kemudian sehabis penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.
3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni yang dipimpin oleh Ratu Belanda menurut kolaborasi sukarela dan sederajat.
4. Republik Indonesia Serikat harus membayar hutang kepada Belanda semenjak tahun 1942.
5. Pembubaran KNIL dan memasukkan anggota KNIL ke APRIS.
6. Kapal-kapal perang Belanda ditarik kembali dari Indonesia.
7. Konstitusi Republik Indonesia Serikat dipermaklumkan kepada Kerajaan Belanda.

Bagaimana proses ratifikasi kedaulatan Indonesia terjadi?
Pengakuan kedaulatan Indonesia dilaksanakan di Belanda dan di Indonesia. Wakil Indonesia yang menandatangani ratifikasi kedaulatan di negeri Belanda ialah Drs. Muh. Hatta dan wakil dari Belanda ialah Ratu Yuliana. Adapun proses penandatanganan di Indonesia, pihak Belanda diwakili oleh Lovink dan wakil Indonesia ialah Sultan Hamengkubuwono IX.

Apa makna KMB bagi bangsa Indonesia?
Berakhirlah penjajahan dan kekuasaan Belanda atas Indonesia dan Peristiwa tersebut juga menandai berdirinya negara Republik Indonesia Serikat (RIS).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor