Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita Proklamasi Kemerdekaan. Peristiwa-peristiwa heroik pun terjadi di banyak sekali daerah. Pembacaan teks Proklamasi memicu semangat pejuang-pejuang bangsa mengusir penjajah.

Dalam insiden pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ada dua tokoh penting yang mewakili seluruh rakyat Indonesia, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta. Kedua tokoh tersebut dikenal sebagai Proklamator.


Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia


Ir. Soekarno merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) dan Pahlawan Proklamator. Beliau menjadi Presiden RI semenjak tahun 1945 hingga dengan 1967. Ir. Soekarno dikenal pintar berpidato dan menguasai beberapa bahasa gila sehingga dijuluki sebagai “Singa Podium”. Ir.
Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901. Jenjang pendidikannya dimulai dari Indische School (IS) di Tulungagung. Setelah lulus, Soekarno melanjutkan pendidikannya di Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timur; Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS), kini menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Jawa Barat, dan memperoleh gelar insinyur.

Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia Proklamator Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Drs. Mohammad Hatta yakni Wapres Pertama RI (1945-1957) dan Bapak Koperasi Indonesia. Beliau juga sangat berperan dalam upaya memperoleh legalisasi dari pemerintah Belanda terhadap kedaulatan RI. Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat pada tanggal 12 Agustus 1902. Jenjang pendidikannya ditempuh di Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Ir. Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan dan Drs. Moh. Hatta sebagai pendampingnya. Bahkan, dalam teks Proklamasi tersebut, tercantum nama dan tanda tangan mereka berdua atas nama bangsa Indonesia. Oleh alasannya yakni itulah, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta diberi gelar sebagai Pahlawan Proklamator pada tahun 1986.

Biographi proklamator

Ir Soekarno
Kapan dan di manakah dia dilahirkan?
Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901.

Bagaimanakah riwayat pendidikannya?
Indische School (IS) di Tulungagung, Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Hogene Burger School (HBS) Surabaya; dan Technische Hogere School (THS),hingga memperoleh gelar insinyur.

Julukan apa yang diberikan kepadanya? 
Macan Podium.

Mengapa dijuluki menyerupai itu?
Beliau  pintar berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing.

Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia?
17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia


Drs. Moh. Hata
Kapan dan di manakah dia dilahirkan? 
12 Agustus 1902 Bukittinggi, Sumatra Barat

Bagaimanakah riwayat pendidikannya? 
Europoesche Lagere School (ELS) di Bukittinggi, Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Padang, dan Handels Middelsbare School (HMS) di Jakarta.

Julukan apa yang diberikan kepadanya? 
Bapak Koperasi Indonesia.

Mengapa dijuluki menyerupai itu? 
Perhatian dia yang dalam terhadap penderitaan rakyat kecil mendorongnya untuk mempelopori Gerakan Koperasi yang pada prinsipnya bertujuan memperbaiki nasib golongan miskin dan kelompok ekonomi lemah.

Apa saja yang sudah diperjuangkannya bagi bangsa dan negara Indonesia? 
Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta beserta para tokoh lainnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan Beliau juga sangat berperan dalam upaya memperoleh legalisasi dari pemerintah Belanda terhadap kedaulatan


Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh rakyat di banyak sekali penjuru daerah. Peristiwa pembacaan Proklamasi memperlihatkan semangat untuk melaksanakan perlawanan mengusir penjajah di banyak sekali daerah.

Tokoh yang sering dijuluki sebagai Bapak Proklamator Indonesia yakni Presiden pertama RI, SOEKARNO (dan juga HATTA). Julukan tersebut menempel lebih besar lengan berkuasa pada Soekarno alasannya yakni dia yang membacakan naskah proklamasi untuk menyatakan kemerdekaan pertama kalinya.

Meski demikian, beberapa pihak juga menyebut julukan tersebut milik Hatta yang setia mendampingi Soekarno dalam insiden proklamasi. Meskipun pada kenyataannya di lalu hari, Hatta lebih terkenal dengan julukan Bapak Koperasi Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor