Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya. Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Bentuk penghargaan tersebut, antara lain ditunjukkan dengan kebiasaan melaksanakan aktivitas tradisi dalam  kehidupannya.  Mulai  dari  peristiwa  kelahiran  hingga  kematian, terdapat  tradisi yang terus dijalankan sampai kini.

Tidak dipungkiri bahwa ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi aktivitas tradisinya dengan aneka macam alasan. Akan tetapi, kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat. Tempat-tempat wisata adat, menjadi salah satu kawasan yang sering dikunjungi masyarakat pada ketika liburan.  Tempat-tempat wisata yang mengusung tema kembali ke masa kemudian dan kembali ke alam, menjadi salah satu tujuan wisata yang digemari. Pemerintah dan  masyarakat  adat,  menetapkan  beberapa  desa  menjadi  desa  adab yang dikelola dan dilindungi pemerintah untuk mempertahankan nilai budaya masyarakat adab tersebut.

Keberadaan desa adat, memang beranjak dari harapan untuk tetap memelihara peninggalan nenek moyang dengan mempertahankan nilai dan  kegiatan  tradisional.    Nilai  dan  kegiatan  tradisi  nenek moyang  bangsa Indonesia, selalu menghargai alam sebagai sumber kehidupan. Terdapat beberapa desa adab di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat setempat maupun oleh pemerintah setempat. Desa Adat Bena di Ngada, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Sade di Lombok, Desa Adat Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Kampung Naga di Tasikmalaya, Desa Adat Terunyan di Bali, Desa Adat Pariangan, Tanah Datar  di  Sumatra  Barat,  merupakan  beberapa  contoh  desa  adat  yang dipertahankan keberadaan dan keasliannya sampai kini.

Ada juga beberapa  desa adab dan kehidupan  masyarakat orisinil yang diperkenalkan ke masyarakat luas, melalui beberapa orang setempat yang peduli untuk mempertahankan nilai budaya dan aktivitas tradisinya.  Salah  satunya adalah  Desa Adat  Osing di  Kemiren,  Banyuwangi yang diperkenalkan ke masyarakat luas melalui spesialis kopi setempat.  Desa ini, dikelola untuk mempertahankan tradisi Masyarakat Osing sebagai  suku  asli  masyarakat  Banyuwangi.  Andrea  Hirata juga  dikenal
melaksanakan perjuangan untuk mengangkat dan mempertahankan pusaka tradisi mayarakat desa Gantong Belitung di Sumatra Selatan. Melalui novelnya yang sangat populer “Laskar Pelangi”, Andrea memperkenalkan kehidupan masyarakat Melayu yang tinggal di Desa Gantong, tanah kelahirannya.

Hal penting tiap paragrap

Paragraf satu
Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya, ibarat tradisi kelahiran  hingga  kematian.

Paragraf dua
kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang kembali meningkat, ibarat banyaknya pengunjung ke Tempat-tempat wisata adab ketika liburan.

Paragraf tiga
Terdapat beberapa desa adab di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat setempat maupun oleh pemerintah setempat.

Paragraf empat
Desa Adat  Osing di  Kemiren,  Banyuwangi yaitu desa adab dan kehidupan  masyarakat orisinil yang diperkenalkan ke masyarakat luas.

Diagram artikel Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya


Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor