Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat. Mulai final periode XV, bangsa Eropa berusaha melaksanakan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melaksanakan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

a. Adanya harapan mencari kekayaan (gold)
Kekayaan yang mereka cari terutama ialah rempah-rempah. Sekitar periode XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

b. Adanya harapan mengembangkan agama (gospel)
Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi  khusus.  Misi  khusus  tersebut ialah mengembangkan agama kepada penduduk kawasan yang dikuasainya. Tugas  mereka  ini  dianggap  sebagai kiprah suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis.

 bangsa Eropa berusaha melaksanakan penjelajahan samudra Peristiwa Kedatangan Bangsa Baratc. Adanya harapan mencari kejayaan (glory)
Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara memiliki banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negara-negara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Contohnya menyerupai berikut.

1) Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang sanggup dipakai untuk mengarungi samudra luas.

2) Ditemukannya  mesiu  untuk persenjataan. Senjata sanggup dipakai untuk melindungi pelayaran dari bahaya bajak maritim dan sebagainya.

3) Ditemukannya kompas. Kompas dipakai sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk memilih arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga kalau angkasa tertutup awan, mereka tidak sanggup meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.

Isilah kolom berikut sesuai dengan pertanyaan!
1. Siapakah yang dimaksud dengan bangsa Barat? Bangsa Eropa
2. Apa faktor yang melatar belakangi bangsa Barat melaksanakan penjajahan di Indonesia? Karena harapan mencari kekayaan (gold), mengembangkan agama (gospel), mencari kejayaan (glory).
3. Kapan bangsa Barat mulai melaksanakan penjelajahan samudera?  Mulai final periode XV
4. Dimana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia ? Bangsa Portugis di Malaka
5. Mengapa bangsa Barat melaksanakan penjelajahan samudera?
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?

Ulasan Teks
Judul : Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik : Semboyan 3 G (gold, gospel dan glory)
Informasi penting : Dikembangkannya teknik pembuatan kapal, Ditemukannya  mesiu  untuk persenjataan, danDitemukannya kompas
Pendapat aku perihal teks ini : Teks ini menawarkan citra perihal penjajahan bangsa Barat terhadap bangsa Indonesia
Saya menyarankan teks ini alasannya : sangat bermanfaat alasannya menawarkan informasi perihal awal mulanya kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia.

Tugas kelompok tentang Kedatangan Bangsa Barat
Bangsa : Portugis
Tahun kedatangan :  tahun 1511
Tujuan : Gospel, yaitu kiprah suci mengembangkan agama Katolik
Peristiwa yang terjadi : Dibawah pimpinan Alfonso d' Albuquerque, ia bersama armadanya berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511. Selanjutnya, pada tahun 1512 Portugis sudah berhasil menguasai Ternate, yaitu dengan mengadakan perjanjian dengan Kerajaan Ternate.
Reaksi masyarakat: Pada mulanya kedatangan Bangsa Portugis diterima dengan baik, namun usang kelamaan ditentang alasannya ingin menguasai tanah Indonesia menyerupai perlawanan kerajaan Aceh. Diaceh Portugis tidak berdaya alasannya kerajaan Aceh sangat kuat.

Bangsa : Spanyol
Tahun kedatangan : tahun 1521
Tujuan : Mencari rempah-rempah, memperluas kekuasaan dan menyebar agama

Peristiwa yang terjadi :  Daerah yang dikuasai Bangsa Spanyol ialah Filiphina kepulauan Massava dan Indonesia kepulauan Maluku
Reaksi masyarakat :
memaksa penduduk lokal menjual produk kepada mereka, mencampuri urusan domestik kerajaan lokal sampai merendahkan mereka, Hal inilah yang menciptakan bangsa Indonesia mulai berontak dan berusaha mengusir keberadaan mereka di nusantara.

Bangsa : Belanda
Tahun kedatangan : tahun 1596
Tujuan : Mencari rempah-rempah, mencari kekayaan dan mengembangkan agama
Peristiwa yang terjadi : Bangsa belanda berhasil mengadu domba, memonopoli perdagangan sekaligus menjajah dan merampas harta kekayaan alam bangsa Indonesia.
Reaksi masyarakat : Belanda tiba ke Indonesia untuk menjajah dan mengadu domba, bangsa Indonesia jelas-jelas menentangnya dan menawarkan perlawanan dengan terciptanya perlawanan Kapiten Pattimura, Tuanku Imam Bonjol, perang Diponogoro dan lain-lain.

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia ialah semboyan 3G (gold, gospel, glory). Tuliskan kembali arti semboyan 3G !!
Gold : Adanya harapan mencari kekayaan
Gospel : Adanya harapan mengembangkan agama
Glory : Adanya harapan mencari kejayaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor