Permasalahan Sosial Di Lingkungan Kita

Permasalahan Sosial di Lingkungan Kita. Setiap warga negara, memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai kiprahnya di dalam masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawabnya yaitu melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Nilai-nilai dalam Pancasila, menjamin terjadinya masyarakat yang saling menghargai demi kepentingan bersama.

Permasalahan Sosial di Lingkungan Kita

Apa saja akhir yang akan terjadi jikalau anggota masyarakat tidak melaksanakan tanggung jawabnya? Salah satu kesudahannya yaitu terjadinya duduk kasus sosial. Berikut ini yaitu jenis-jenis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat.

a. Sampah
Salah satu kebiasaan tak terpuji yaitu membuang sampah sembarangan. Misalnya, siswa membuang bungkus permen dan masakan di ruang kelas, di halaman sekolah atau di selokan bersahabat sekolah. Warga masyarakat membuang sampah dapur di parit, di kanal air atau di sungai. Sampah pasar, sampah toko, dan sampah kantor, banyak acak-acakan hingga ke jalan raya, sebab tak tertampung di kolam sampah. Hal ini terjadi, sebab banyak orang tidak bertanggung jawab menjaga lingkungan mereka dengan membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertebaran di sekolah mengurangi keindahan sekolah sebab tidak sedap dipandang dan mengganggu acara berguru mengajar. Hal ini mengurangi kenyamanan para siswa yang berguru di sekolah. Sampah yang acak-acakan di jalan raya, menimbulkan jalan tampak sempit. Jalan menjadi kotor dan licin. Arus kemudian lintas kendaraan menjadi tidak lancar, dan membahayakan para pengguna jalan. Hal ini memengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tersebut.

b. Kali atau Sungai yang Kotor
Kali atau sungai kadang kala dijadikan tempat pembuangan sampah bagi warga masyarakat. Pabrik-pabrik atau industri-industri, juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dulu. Sementara itu, ada juga orang-orang yang mendirikan bangunan di bantaran kali. Semua ini membuat kali menjadi kotor dan daya tampungnya berkurang. Akibatnya, pada animo penghujan air kali meluap. Menggenangi kawasan sekitar, sawah-sawah dan permukiman penduduk. Menurunnya kualitas lingkungan sekitar dan banjir yang diakibatkannya membuat masyarakat merasa tidak nyaman.

c. Bangunan Liar
Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas kanal air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang. Pada umumnya bangunan liar berupa bangunan sementara yang didirikan di tempat yang tidak seharusnya. Hal ini akan mengakibatkan duduk kasus kesehatan dan kebersihan lingkungan yang menimbukan ketidaknyamanan masyarakat pada umumnya.

d. Kemacetan Lalu Lintas
Kemacetan kemudian lintas sering terjadi pada dikala jam berangkat sekolah atau jam berangkat kerja. Salah satu penyebab kemacetan kemudian lintas antara lain banyak pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk menaati hukum kemudian lintas. Hal tersebut sanggup menimbulkan ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya.

 memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan sesuai kiprahnya di dalam masyarakat Permasalahan Sosial di Lingkungan Kita



Permasalahan Sosial di Lingkungan sekitar
Berikut ini tabel isian untuk acara berguru mengajar dari sekolah perihal permasalahan sosial dilingkungan sekitar rumah dan lingkungan sekolah.

Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal

Masalah Sebab Akibat Cara mengatasi
Sampah Membuang sampah sembarangan lingkungan kotor buang sampah pada tempatnya
Sungai Menjadi tempat membuang sampah saluran air tersumbat pembersihan kanal air
Bangunan Liar Penyebab perembesan air terganggu Air tergenang dimana mana Mencari alternatif serapamn air
Kemacetan Lalu Lintas Pengguna jalan tidak patuh lalu lintas jalan terhambat Pengawasan ketat dari Polisi kemudian lintas

Kesimpulan :
Masalah sosial akhir kebiasaan jelek sanggup berakibat pada kesehatan, lingkungan sebab pencemaran. Diharapkan semua warga bertanggung jawab dalam mengawasi kesehatan lingkungan.

Masalah Sosial di Lingkungan sekolah

Masalah Sebab Akibat Cara mengatasi
Terlambat perjalanan jauh mengganggu acara belajar Pergi lebih pagi
Bolos Tidak disiplin tidak mendapat acara belajar Pengawasan orang renta dan guru
Berkelahi minimnya rasa setia kawan menciptakan budbahasa kurang baik Pengawasan orang renta dan guru
Mencontek Kurang memahami mata pelajaran Mengganggu siswa lain harus mendapat komplemen waktu belajar

Kesimpulan
Masalah sosial di lingkungan sekolah Diperlukan kesinambungan antara tugas pendidik dan siswa semoga bertanggung jawab dalam memainkan kiprahnya masing-masing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor