Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih dan Perak. Bagi kita sebagai orang yang awam mengenai jenis logam mulia tentu sangat kesulitan untuk membedakan paltinum, emas putih dan perak. Berbeda dengan orang yang sudah sangat usang berkecimpung didunia logam dan perhiasan. Membedakan platina, emas putih dan perak bagi mereka tentu sangatlah praktis dan praktis lantaran sudah mempunyai pengetahuan dan wawasan luas mengenai logam mulia mirip platinum, emas putih dan perak.

Cara praktis dan sangat sederhana untuk membedakan platina, emas putih serta perak juga harus melalui uji yang juga tidaklah sederhana. Perlu pengetahuan yang cukup semoga akurat dalam menilainya. Jika Anda kebetulan mendapat logam mulia tetapi tidak mengetahui jenisnya, jangan khawatir lantaran ada beberapa perbedaan kentara antara logam mulia mirip platina, emas putih dan juga perak. Berikut ini sekilas pengetahuan mengenai platinum, emas putih dan juga perak

 Bagi kita sebagai orang yang awam mengenai jenis logam mulia tentu sangat kesulitan untuk Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih dan Perak 

Apa itu platinum
Platinum merupakan logam mulia yang sangat langka, berwarna putih menyilaukan, sangat padat, lebih tahan terhadap korosi, paling berpengaruh dan bagus kalau dijadikan pelengkap dan sangat mahal harganya. Platinum tetap putih dan bening tanpa dilapisi apapun. Itulah sebabnya kalau platinum berkali-kali lebih mahal dibandingkan dengan pelengkap putih lainnya.

Apa itu emas putih
Emas putih intinya merupakan emas kuning yang telah dicampur dengan beberapa logam putih mirip palladium, nikel serta rhodium. Prosentasi gabungan emas kuning dengan palladium ataupun nikel serta rhodium untuk menghasilkan emas yang berwarna putih sampai mencapai 30% bahkan lebih. Rhodium ialah logam putih paling mengkilau dan sanggup dijadikan logam pelapis diantara logam lainnya. Harga rhodium lebih mahal daripada emas putih. Itulah mengapa sebabnya emas putih lebih mahal daripada emas kuning.

Apa itu Perak
Adapun Perak merupakan pelengkap yang berwarna putih keabuan juga mengkilau, tingkat kepadatannya lebih ringan daripada emas putih dan platinum, cenderung tidak tahan terhadap korosi, sanggup dengan praktis berubah warna serta bentuknya. Perak mempunyai simbol "Ag" dalam bahasa latin ialah "argentum" yang bernomor atom 47. Perak lebih familiar digunakan oleh aneka macam kalangan masyarakat.

Perak sanggup lebih putih dan mengkilau serta tahan dari perubahan warna kalau dicampur dan dilapisi dengan rhodium. Namun, harganyapun jauh menjadi lebih mahal daripada harga perak aslinya. Lihatlah  di toko-toko perak disekitar Anda, warna perak sangat mengkilau hampir ibarat emas putih bahkan platina, dan harganyapun jauh lebih mahal.

Artikel Menarik lainnya..!
Cara praktis membedakan platinum dan perak
Cara mengetahui emas orisinil dengan emas palsu

Perbedaan dan keunggulan  Platinum, Emas Putih dan Perak


  • Platina mempunyai sifat hypoallergenic lantaran merupakan logam murni. Makara sangat membantu bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap logam perhiasan.
  • Emas putih tidak menjadikan alergi lantaran dilapisi logam putih yang juga anti alergi mirip palladium dan rhodium. Sedikit sekali orang yang alergi dengan emas putih lantaran mungkin campurannya terdiri dari nikel dan perak.
  • Perak bagi orang yang mempunyai kulit sensitif sanggup menjadikan gatal-gatal dan dan bercak pada kulit tapi itu hanyalah sebagian kecil saja.

  • Platinum lebih tahan terhadap perubahan warna dan tetap berwarna putih menyilaukan walaupun sudah digunakan dan disimpan lama.
  • Emas putih akan tahan warnanya kalau dilapisi dengan rhodium. Rhodium akan memudar kalau dalam beberapa waktu telah digunakan sehingga emas putih cenderung memudar tingkat kilauannya. 
  • Perak cenderung akan cepat memudar walaupun telah dilapisi rhodium. Perubahan akan kentara kalau logam ini sering terkena air.

  • Platinum jauh lebih padat daripada emas putih dan perak, tahan akan perubahan bentuk dan warna sehingga cocok bagi Anda yang menyukai barang tahan banting tapi tetap indah mengkilau.
  • Emas putih dihentikan terkena hantaman ataupun goresan. Beberapa hantaman ataupun tabrakan sanggup menjadikan emas putih berubah bentuk dan berat sehigga harganya menjadi anjlok.
  • Perak ialah logam yang cukup ringan untuk ukuran perhiasan, paling praktis berubah bentuk dan warnanya, sehingga sangat praktis membedakan dengan platinum dan emas putih.

  • Platinum Jika dites kekerasan dengan air keras (cairan asam nitrat HNO3 dan asam chlorida HCL) pada kerikil uji, maka platinum akan tetap berwarna putih dikala digoreskan pada kerikil uji, tidak memudar, tampak stabil dikala ditetesi air keras.
  • Emas putih akan berwarna putih kekuningan bahkan kuning kalau digoreskan pada kerikil uji. Ketika ditetesi dengan air keras, maka akan tetap tampak berwarna putih kekuningan atau kuning. Perubahan ketahanan warna tergantung tingkat kadar emas tersebut. 
  • Perak akan berwarna putih keabuan dikala digoreskan pada kerikil uji. Warnanya akan pudar dan hilang dikala ditetesi air keras pada kerikil uji.

  • Jika dipadukan dengan kerikil mulia mirip intan dan berlian, platinum sanggup memancarkan keunggulan yang sangat manis dan mempesona sehingga merupakan perpaduan yang paling sempurna.

  • Harga platinum sangat mahal dan merupakan logam yang sangat Istimewa lantaran logam mulia ini terbilang cukup langka, berbeda dengan emas putih yang lebih terjangkau dan familiar lantaran banyak diproduksi diberbagai negara. Sedangkan perak mempunyai harga yang relatif sangat terjangkau dan cukup murah sehingga siapapun sanggup membeli pelengkap perak sebagai pengganti pelengkap emas dan platina.

Setelah membaca klarifikasi diatas setidaknya mungkin Anda akan terbantu dikala mendapat logam putih berkilau. Pastikan perbedaan diatas pada logam putih yang Anda dapati supaya tidak tertipu dengan pelengkap yang mirip platina ataupun emas putih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Tangga Nada Diatonis Mayor