Inilah Desa Unik Di Bali

Desa Unik di Bali. Bali merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal yang menciptakan Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu daya tarik Bali ialah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah klarifikasi berikut.

Inilah Desa Unik di Bali


Desa Tenganan
 Bali merupakan tujuan wisata yang sangat populer Inilah Desa Unik di BaliDesa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur Pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai etika dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa orisinil suku Bali). Desa ini populer dengan kesederhanaannya.



Desa Trunyan
 Bali merupakan tujuan wisata yang sangat populer Inilah Desa Unik di BaliDesa Trunyan terletak di pinggir Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini ialah tradisi pemakamannya. Pada masyarakat Hindu Bali, mayat orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben. Namun, di Desa Trunyan mayat orang meninggal
hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah.



Desa Penglipuran
 Bali merupakan tujuan wisata yang sangat populer Inilah Desa Unik di BaliDesa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, lebih kurang 45 km dari Kota Denpasar. Desa ini mempunyai struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan etika dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh alasannya itu, masyarakat Desa
Penglipuran banyak melaksanakan program adat, ibarat pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.




Ayo Berdiskusi

Apa saja keunikan desa-desa pada bacaan “Desa Unik di Bali”?
Desa populer dengan kesederhanaannya. Desa Trunyan mayat orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon, masyarakat Desa Penglipuran banyak melaksanakan program adat, ibarat pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya.

Adakah keunikan dari kawasan tempat tinggalmu? Apa sajakah itu?
Salah satu keunikan desaku ialah adanya upacara etika sedekah bumi.

Bagaimana sikapmu atas perbedaan budaya dan etika istiadat daerahmu dengan kawasan lain?
Kita harus saling menghargai walaupun saling berbeda suku/budaya/adat istiadat,tidak saling menghina.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor