Materi Kelas 5 Sejarah Terciptanya Termos

 Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya Materi Kelas 5 Sejarah Terciptanya TermosSejarah Terciptanya Termos. Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya. Termos memang sering dipakai untuk menyimpan air panas biar tetap panas ketika digunakan. Biasanya keluarga yang mempunyai bayi yang memerlukan  susu  setiap  saat, menggunakan  termos untuk menyimpan air panas. Termos yaitu sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung ibarat botol yang  mempunyai dinding berlapis. Benda ini  dirancang berbentuk ibarat beling dengan materi mengkilap yang sanggup menyimpan  cairan  biar tetap mempunyai suhu seperti  semula.  Dengan  dinding  dalam  termos  yang dirancang  seperti  kaca,  maka  kalor  yang  terdapat  pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat.  Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, sanggup ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan  mengkilap  ini. Sehingga  air  panas di  dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa ketika tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya dipakai untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air hirau taacuh biar tetap dingin.

Sejarah Terciptanya Termos

 Hampir semua keluarga mempunyai termos di rumahnya Materi Kelas 5 Sejarah Terciptanya TermosPencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah  James Dewar. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga biar minuman bayinya tetap hangat. Tetapi ketika itu, untuk menjaga suhu minuman biar tetap hangat merupakan hal yang sulit dilakukan, terutama dalam kondisi cuaca yang hirau taacuh ibarat di Eropa.  

Karena kebutuhan inilah,  James Dewar menemukan cara menciptakan botol  hampa udara. Botol hampa udara, merupakan wadah dari beling berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat untuk mencegah biar panas tidak menjalar. Sementara dinding sebelah  dalam  botol  tersebut,  dilapisi perak untuk mempertahankan  panas.  Botol  hampa  udara  itulah  yang  lalu menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di  London.



Informasi penting dari tiap paragraf

Paragraf satu
  • Tiap rumah niscaya mempunyai termos untuk menjaga biar air tetap panas.
  • Termos yaitu benda yang berbentuk tabung dan  dirancang untuk menjaga biar suhu panas tetap terjaga.
  • Dinding dalam termos terbuat dari beling maka  kalor  yang  terdapat  pada air panas tersebut tidak sanggup berpindah dengan cepat.

Paragraf dua
  • Sir James Dewar yaitu Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902.
  • Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga biar minuman bayinya tetap hangat.

Paragraf tiga
  • James Dewar menemukan cara menciptakan botol  hampa udara. Botol hampa udara.
  • Botol  hampa  udara  itulah  yang  lalu menjadi cikal bakal lahirnya termos.
  • Botol hampa udara buatan James Dewar dan epilog wol buatan mertuanya hingga kini sanggup dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di  London.

Jawablah pertanyaan berikut!
  1. Apakah fungsi sebuah termos?
  2. Apa saja materi yang dipakai untuk menciptakan termos pada masa itu? 
  3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas.
  4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunaan prinsip yang hampir sama dengan termos? 

Jawab
  • Termos memang sering dipakai untuk menyimpan air panas biar tetap panas.
  • Botol hampa udara, kaca, dan perak sebagai pelapis.
  • Gambar ibarat diatas.
  • Teko penghangat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor