Peristiwa Kebangsaan Era Penjajahan

Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Banyak insiden dalam kehidupan. Ada insiden pribadi, insiden keluarga, insiden masyarakat, bahkan ada juga insiden yang dialami oleh bangsa dan negara.

Peristiwa  dapat  dibedakan  menjadi  dua  macam.  Pertama,  peristiwa  yang menyenangkan (peristiwa yang menciptakan kita senang). Kedua, insiden yang tidak menyenangkan (peristiwa yang menciptakan kita sedih).

Amati gambar-gambar berikut! Berikan tanda centang ( ) pada insiden menyenangkan. Berikan tanda silang (X) pada insiden tidak menyenangkan.


 bahkan ada juga insiden yang dialami oleh bangsa dan negara Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan


Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah sanggup meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga menciptakan bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?    
Karena ingin merebut dan mempunyai rempah-rempah indonesia

2. Seberapa tinggikah nilai hemat rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?   
Sangat mahal, ibarat mahalnya harga emas.

3. Apa kekerabatan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Penjajah ingin mengambil rempah-rempah indonesia untuk dibawa ke negaranya

Bersama ayahnya, Beni berkunjung ke kebun cengkih milik Pak Rudi. Kebun cengkih  Pak  Rudi  sangat luas.  Pohon cengkihnya pun  banyak  dan  tumbuh subur. Sebagian besar pohon cengkih di kebun itu sudah memasuki masa panen.

Tahukah kau kekerabatan antara cengkih dan penjajahan yang dialami oleh bangsa kita?

Cengkih mempunyai banyak manfaat. Sebagai bumbu masak, cengkih dipakai dalam bentuk bunga utuh atau dalam bentuk bubuk. Cengkih juga  dimanfaatkan  oleh bangsa China dan Jepang sebagai dupa. Selain itu, minyak cengkih dipakai sebagai aroma terapi dan obat sakit gigi.

Pohon cengkih  banyak  keuntungannya sehingga menjadikannya bernilai hemat tinggi. Oleh sebab itulah, cengkih merupakan salah satu materi rempah-rempah yang menjadi buruan bangsa-bangsa Eropa. Hal itu memicu terjadinya penjajahan di Indonesia.

Bangsa kita mengalami  penjajahan cukup lama.   Selama masa penjajahan, bangsa kita mengalami penderitaan tanggapan adanya penindasan.

Pada masa pemerintahan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, datanglah orang-orang  Eropa  yang  mengadakan  pelayaran  samudra.  Kedatangan  orangorang Eropa di Nusantara mula-mula disambut baik oleh bangsa Indonesia. Namun,  dikala orang-orang Eropa itu berusaha menguasai Nusantara, mereka menerima reaksi keras berupa perlawanan-perlawanan di aneka macam daerah.

Lalu, apa bahu-membahu yang melatar belakangi bangsa-bangsa Eropa tersebut tiba ke Indonesia dan karenanya menjajah bangsa Indonesia?

Ayo, kita cari tahu faktor-faktor  yang melatarbelakangi kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia! Silahkan baca ..!! Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Kelas 5 Materi Konduktor Dan Isolator

Perbedaan Mencolok Antara Platinum, Emas Putih Dan Perak

Tangga Nada Diatonis Mayor